Arsip

Kamis, 23 Juli 2009

Desain Website

Membuat website sesuai dengan keinginan kita memang memerlukan penguasaan beberapa software yang berkaitan seperti front page, dream weaver, cms, firefox dll. Untuk mengisi gambarnya dapat menggunakan software photoshop, gif animator, macromedia flash, corel draw dll.

Kalau ingin lebih mudah, banyak provider yang menyediakan gratisan web template atau website template, website layout, free button dll. Selama ini yang sering saya jumpai adalah menggunakan blogger, wordpress, geocities, indonetwork dll. Yang pasti tidak perlu modal alias gratis.

Apa keuntungan memiliki situs atau website sendiri ?. BANYAK SEKALI. Mulai dari curhat, tukar informasi, promosi, menghasilkan uang dll. Dengan website design yang bagus, maka akan menarik pengunjung untuk melihat website kita. Namun apabila website design kita tidak menarik, begitu melihat tampilannya langsung ditutup lagi.

Untuk membuat website sebelumnya tentukan idenya. Bagaimana menemukan ide? tergantung pada sasaran yang akan dicapai. Bisa dari hoby bisa juga dari trend pasar (untuk membuat website yang menghasilkan uang).

Setelah ide ditemukan, menyiapkan isinya biasa disebut website contents. Isi website dapat berupa artikel atau tulisan, gambar, suara, video dll. Untuk mengisi juga banyak caranya mulai dari murni karya kita atau menyadur atau menyalin dari penulis lainnya. Perlu diingat kalau menyadur dari pelulis lainnya etikanya adalah mencantumkan nama sang penulis atau mencantumkan dari mana web content tersebut didapat. Kalau hanya copy paste sepertinya tidak etis, hargai orang lain kalau ingin diri kita dihargai oleh orang lain.

Banyak sekali yang harus diketahui seputar website design ini. Mulai dari tata letak atau website layout, ukuran banner, posisi menu yang baik, pemilihan warna yang tepat dll. Dimana mencarai ilmu semuanya itu....... search saja sesuai kebutuhan.

Setelah website design jadi, masih banyak pekerjaan lainnya. Bangaimana agar banyak pengunjung di website kita. Diperlukan promosi. Bagaimana mempromosikan website kita.... Daftarkan ke search engine, banyak penyedia search engine ini. Setelah berpromosi, bagaimana meng-update isinya sehingga website tetap hidup dan berkembang.

Tidak ada komentar:

Cari Blog Ini