Arsip

Kamis, 23 Juli 2009

Pengenalan Web Hosting

Apa yang dimaksud dengan Hosting

Seperti penjelasan artikel sebelumnya bahwa untuk menyalakan atau menghidupkan DOMAIN NAME diperlukan Hosting atau website hosting yaitu jasa layanan internet yang menyediakan server-server untuk disewakan sehingga organisasi atau individu yang menempatkan informasi produk atau jasa di internet sehingga dapat diakses atau dilihat masyarakat umum.

Ada beberapa jenis layanan website hosting antara lain :

Shared hosting adalah penggunaan server hosting bersama sama dengan pengguna lain. Jadi satu server dipergunakan oleh lebih dari satu nama domain.

Virtual Private Server (VSP) atau dikenal juga Virtual Dedicated Server merupakan proses virtualisasi dari lingkungan software sistem operasi yang dipergunakan oleh server. Karena lingkungan ini merupakan lingkungan virtual, hal tersebut memungkinkan untuk menginstall sistem operasi yang dapat berjalan diatas sistem operasi lain.

Dedicated Server adalah penggunaan server yang dikhususkan untuk aplikasi yang lebih besar dan tidak bisa dioperasikan dalam shared hosting atau virtual dedicated server. Dalam hal ini, penyediaan server ditanggung oleh perusahaan hosting yang biasanya bekerja sama dengan vendor.

Colocation Server adalah layanan penyewaan tempat untuk meletakkan server yang dipergunakan untuk hosting. Server disediakan oleh pelanggan yang biasanya bekerja sama dengan vendor.

Siapa saja yang membutuhkan Web Hosting

Setiap orang individu, organisasi ataupun perusahaan dapat menyewa tempat atau memanfaatkan jasa web hosting ini, didukung dengan kemajuan teknologi informasi yang ada saat ini maka pemanfaatan jasa web hosting merupakan sarana alternatif yang handal untuk: media promosi produk atau jasa, menyebarkan Informasi atau berita, berdagang atau berbisnis, layanan umum, berkomunikasi/berdiskusi dengan pelanggan atau orang lain sampai dengan tempat untuk curhat dan banyak sekali hal lain yang dapat ditempatkan pada website

Mengapa Perlu Web Hosting

Keberhasilan bisnis perorangan atau organisasi salah satu tolok ukurnya adalah kemampuan kecepatan untuk menyebarkan informasi tentang produk, jasa, layanan publik dan lainnya, dan kepada masyarakat sehingga semua usahanya dikenal masyarakat. Setelah dikenal barulah ada kemungkinan untuk membeli. Tidak kenal maka tidak mungkin membeli.

Banyak sekali contoh kesuksesan bisnis dari internet. Mulai mereka yang menjual produk, menjual jasa, menjual informasi, menjual produk orang lain, menjual desain dll. Mengapa mereka sukses, karena segala apa yang tempatkan pada web hosting pada hari ini, maka hari ini juga seluruh dunia sudah dapat membukanya. Kesimpulannya bahwa kecepatan penyebaran informasi melalui web hosting sudah tidak diragukan lagi.

Kapan website hosting dibutuhkan

Setiap individu atau oraganisasi pasti berusaha semaksimal mungkin untuk memperkenalkan usahanya kepada masyarakat. Baik melalui iklan baris di media cetak, radio, televisi, spanduk, brosur atau media iklan lainnya. Kalau ingin berpromosi dengan wilayah lebih luas melewati batas kabupaten, propinsi, negara, samudra dan benua, maka disaat itulah kita sudah membutuhkan website hosting. Setelah meng-hosting-kan domain name kita, maka saat itu pula informasi yang kita tempatkan diwebsite langsung dapat dibaca cari semua lokasi di seluruh dunia.

Dimana menyewa Web Hosting

Menyewa web hosting kira-kira mirip dengan menyewa tempat atau rumah. Banyak sekali penyedia jasa web hosting, ribuan atau bahkan jutaan. Untuk menghidupkan nama domain kita, dapat memulainya dengan mencari dari mesin pencari google atau yahoo, beberapa penyedia jasa layanan web hosting di indonesia, cari dengan memasukkan kata jasa web hosting, jasa hosting, website hosting atau lainnya yang berhubungan dengan hosting. Setelah muncul beberapa nama tentulah ada pertanyaan lagi yang mana harus saya pilih.

Mana yang memiliki dedicated web hosting bagus, siap melayani setiap saat saat kita membutuhkan bantuan, berkecepatan tinggi, anti spam dll. Untuk itu perlu dikomunikasikan dengan orang lain yang lebih senior mengenai web hosting ini.

Berapa harga Web Hosting

Dari sekian banyak penyedia web hosting saling berlomba untuk mencapatkan pembeli sebanyak-banyaknya. Ada yang bermain di harga, lebih murah dari lainnya (menurut pemilik penyedia jasa web hosting), ada yang bermain kecepatan, kapasitas atau lainnya.

Semua akan menjanjikan pelayanan paling baik, harga paling murah dsb. Selama fasilitas yang disewa sama, kurang lebih harganyapun gak beda jauh. Kisaran beli domain name atara 70.000 s.d 500.000 per tahun. Untuk web hosting sekitar 100 s.d 750.000 pertahun. Harga tersebut sangat tergantung pada seberapa banyak fasilitas atau opsi yang disewa. Semakin banyak fasilitas yang diinginkan maka tentulah semakin besar harganya.


Memilih Web Hosting

Apa saja yang perlu dilihat dan diperhatikan dari sebuah perusahaan penyedia jasa web hosting sebelum kita mempercayakan domain dan hosting website kita kepada penyedia web hosting. Beberapa hal yang perlu diperhatikan antara lain :

Keberadaan Perusahaan

Ini harus jelas statusnya, alamat kantor yang jelas kapan didirikan, status badah hukumnya, berapa banyak pelanggannya. Hal ini penting demi kelangsungan website kita nantinya. Jangan sampai belum lama kita menggunakan jasa mereka, tahu-tahu langsung hilang tanpa jejak karena mereka tutup atau bangkrut.

Keberadaan perusahaan meliputi :

Status badan hukum,

dengan berbadan hukum setidaknya mencerminkan bahwa perusahaan tersebut adalah legal dan serius atau profesional.

Alamat kantor.

Alamat secara fisik, nomor telepon, dan alamat email yang jelas. Jadi apabila terjadi sesuatu yang tidak kita inginkan kita bisa langsung dan mudah menghubungi.

Lama operasi.

Perlu dilihat juga perusahaan tersebut sudah beroperasi sejak kapan, semakin tua umur perusahaan biasanya semakin banyak pengalaman sehingga juga lebih sering mengatasi masalah-masalah yang sering ditanyakan pelanggannya. Untuk melihat berapa umur perusahaan tersebu dapat dilakukan dengan mengecek whois domain dari perusahaan tersebut.

Harga

Siapa saja pasti memiliki keinginan untuk membeli sesuatu dengan harga yang murah, tapi harga murah belum tentu jelek atau bagus. Biasanya harga juga berbanding lurus dengan penyediaan fasilitas atau fitur yang ditawarkan semakin banyak fasilitasnya maka harganya juga semakin besar.

Bandingkan harga yang ditawarkan dengan harga yang ditawarkan penyedia lain. Yakinkan bahwa harga yang lebih murah adalah dengan memberikan fasilitas atau fitur yang sama. Kalau fasilitas atau fiturnya berbeda tentulah harganya juga berbeda. Kadang sebagian memberikan harga murah dengan mengurangi fasilitas/fitur tertentu, silahkan bandingkan harga dengan fasilitas yang ditawarkan.

Fasilitas dan Fitur

Seperti penjelasan di atas, biasanya fasilitas dan fitur mempengaruhi harga. jangan sampai karena ngejar harga murah, fasilitas-fasilitas penting seperti fitur-fitur managament hosting sebagian di tiadakan. Fasilitas disini termasuk, management domain dan hosting, apakah anda di bolehkan untuk memilih apakah harus hosting di situ seterusnya atau anda bisa mengarahkan domain anda kemana saja anda mau. Artinya Anda harus punya hak untuk mengatur domain Anda sepenuhnya, karena Anda boleh hosting dimana saja dan beli domain dimana saja, nggak harus di tempat yang sama.

Ada beberapa web hosting yang memberikan beberapa fasilitas/ fitur Unlimited , ini sebenarnya nggak mungkin, karena segala sesuatu ada batasannya, misalnya Database=Unlimited, padahal database itu kan pake resource dari sebuah CPU yang punya quota maksimal, so nggak ada yang Unlimited.

Jangan Baca Testimonial

Yang namanya testimonial biasanya isinya cuman yang baik-baik aja, kalo pengen tau web hosting tersebut bagus apa nggak, liat atau tanya siapa aja customer/pelanggan nya, liat dari daftar. kalo yang anda liat banyak dan di antaranya ada beberapa web/perusahaan besar, kemungkinan web hosting tersebut bagus.

Customer Support

Ini penting karena web anda bisa saja down atau mengalami masalah sewaktu-waktu. Lihat web hosting yang customer supportnya selalu online 24 jam/7, artinya kapan saja Anda menghubungi mereka, mereka akan siap melayani Anda, baik secara online lewat messenger, email maupun secara offline lewat telepon.

Keamanan dan Kualitas server

Hal ini berhubungan dengan kecepatan akses terhadap web Anda. Biasanya web hosting memberikan pilihan lokasi server ketika Anda membeli web hosting, jika target pengunjung Anda adalah dari Indonesia maka akan lebih baik apabila lokasi server web Anda ada di Indonesia dan sebaliknya apabila target pengunjung web Anda dari luar negeri, pilih lokasi server di USA atau negara lainnya.

Lihat juga apakah sistem operasi yang mereka gunakan, linux atau windows. kalo web Anda banyak menggunakan PHP, sebaiknya pilih yang pake linux

Tidak ada komentar:

Cari Blog Ini